News & Release

Federal Mobil Lubricants Siap Mendukung Program Pemerintah Indonesia Menuju Standar Emisi Euro 4


Cilegon, 9 Mei 2018 –  Pada saat ini sektor transportasi tumbuh dan berkembang seiring dengan peningkatan ekonomi nasional maupun global. Pesatnya pertumbuhan kendaraan bermotor berakibat meningkatnya penggunaan bahan bakar minyak di sektor transportasi. Akibatnya, emisi gas buang yang mengandung polutan juga naik dan berdampak meningkatnya kadar pencemaran udara.

Dalam upaya mengurangi emisi, Uni Eropa (European Union – EU) menempuh cara dengan untuk menggunaan teknologi transportasi yang lebih ramah lingkungan. Di awal 1990 EU mengeluarkan peraturan yang mewajibkan penggunaan katalis untuk mobil bensin, sering disebut standar Euro 1. Ini bertujuan untuk memperkecil kadar bahan pencemar yang dihasilkan kendaraan bermotor. Lalu secara bertahap EU memperketat peraturan menjadi standar Euro 2 (1996), Euro 3 (2000), Euro 4 (2005), Euro 5 (2009), dan Euro 6 (2014).

Dalam menetapkan standar emisi kendaraan di suatu negara, pembuat kebijakan harus mengetahui betul hubungan erat antara dua hal penting yang berkaitan erat. Yakni antara standar emisi kendaraan dengan teknologi mesin kendaraan dan kualitas BBM sehingga. Itu gunanya untuk menjamin bahwa kualitas BBM yang tepat sudah harus tersedia.

Pada saat ini Indonesia masih menggunakan Euro 2, berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 141/2003 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru sejak 2007. Pemerintah Indonesia, seperti diberitakan media-media nasional, termasuk Kompas.com (3/4/2017), memutuskan untuk segera memberlakukan standar emisi Euro 4 dan industri kendaraan di Indonesia menyatakan siap memenuhi aturan tersebut.

“Dalam waktu dekat ini, program pemerintah akan memenuhi aturan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan roda empat dan lebih di Indonesia. Kami PT Federal Karyatama telah menerapkan inovasi formulasi guna mendukung peraturan pemerintah tersebut pada produk oli kendaraan roda empat unggulan kami yaitu Federal Mobil Lubricants. Mengusung tema Drive Smart. Save The Earth., merupakan bentuk dukungan penuh formula Federal Mobil Lubricants terhadap standar Euro 4 membuat performa mesin mobil Anda semakin baik dan lebih ramah lingkungan. Pastikan Anda berperan serta mengurangi emisi gas buang,” ujar Patrick Adhiatmadja, President Director MPM Lubricants.

 

Federal Mobil – Mengikuti geliat pasar roda empat tanah air yang bertumbuh pesat,  Federal Mobil Lubricants hadir pada tahun 2015.  Federal Mobil Lubricants berupaya memenuhi kebutuhan pengguna roda empat atas pelumas berkualitas untuk mesin gasoline dan diesel. Pengalaman yang telah teruji dan terbukti di industri pelumas, menjadikan produk Federal Mobil Lubricants dengan cepat menjadi penantang kuat produk-produk pelumas mobil yang telah hadir sebelumnya. Rilis data riset lembaga independen menyebutkan bahwa Federal Mobil Lubricants menempati posisi 5 besar produk pelumas berdasarkan aktivitas penetrasi pasar yang dilakukannya. 

Dengan program pemerintah Indonesia jelang Euro 4 yaitu memiliki bahan bakar bensin yang lebih bersih dengan kualitas yang lebih baik, akan menjadi sesuai dengan didukung oleh oli mobil yang sesuai dengan mesin mobil yang beredar saat ini. Federal Mobil Lubricants selalu berinovasi untuk menciptakan produk dengan terobosan terbaru, desain oli mobil dengan API SN yang sudah dimiliki oleh Federal Mobil Lubricants, telah melengkapi varian produk bensin untuk dapat memenuhi standar emisi Euro 4 yang akan segera ditetapkan pemerintah dalam waktu dekat di tahun 2018 ini. Selain itu, semua produk-produk Federal Mobil Lubricants sudah bersertifikasi SNI, menjadikannya produk yang ramah lingkungan dan juga ramah bagi konsumen.

Bentuk lain dukungan terhadap program pemerintah tersebut, Federal Mobil Lubricants mengadakan gerakan penanaman pohon di area pabrik PT Federal Karyatama di Cilegon. Sejak awal dirancang, pabrik kami sudah memiliki konsep eco-friendly dengan sistem pembuangan limbah yang sesuai dengan peraturan pemerintah. Selain itu, komitmen dari Komunitas Federal Mobil pun turut serta dalam memberikan kontribusi untuk gerakan dukungan terhadap program pemerintah untuk standar emisi Euro 4 ini.

Federal Mobil Lubricants telah siap mendukung program pemerintah dalam menurunkan kadar emisi gas buang untuk lingkungan hidup yang lebih baik di Indonesia.